Berita Dunia Islam Terdepan

Ethiopia ikut berperang di Somalia

2

ADDIS ABABA (Arrahmah.com) – Ethiopia menyataka bahwa negaranya akan mengirimkan sejumlah pasukan untuk bergabung dengan pasukan Uni Afrika dalam memerangi ‘militan’ yang ada di Somalia.

Para pemimpin negara Afrika Timur bertemu di ibukota Ethiopia, Addis Ababa, pada hari Jumat (25/11/2011) meminta agar Ethiopia turut serta mendelegasikan pasukannya untuk memperkuat tubuh militer Uni Afrika yang sudah berkeliaran di Somalia. Selain Ethiopia, Kenya pun diperkirakan untuk menugaskan para pasukannya.

Meski demikian, sudah menjadi rahasia umum bahwa pasukan Kenya, tanpa mandat UA, sudah menyeberangi perbatasan dan memasuki wilayah Somalia sejak bulan lalu dan bertempur melawan Harakah Al Shabaab Mujahidin. Hal ini pun menyebabkan warga Somalia di wilayah perbatasan merasa terancam dengan keberadaan pasukan asing tersebut.

Sejumlah pengamat menyatakan bahwa keterlibatan Ethiopia di Somalia hanya akan mengulang kegagalan serupa, sebagaimana yang telah mereka lalukan pada pertempuran yang berakhir pada tahun 2009 lalu. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...