Berita Dunia Islam Terdepan

Allaahu akbar! Helikopter AS lagi-lagi jatuh ditembak mujahidin, 33 salibis tewas

3

KABUL (Arrahmah.com) – Mujahidin Afghanistan menyatakan bahwa pihaknya telah menembak jatuh sebuah helikopter yang dioperasikan oleh ISAF di bagian timur Afghanistan.

Juru bicara mujahidin, Zabihullah Mujahid, mengatakan para mujahid berhasil mengarahkan sejumlah tembakan ke sebuah helikopter milik pasukan asing pada hari Kamis (25/11/2011) yang sedang melintas di atas distrik Qarabagh, Provinsi Kabul, dan 33 tentara salibis yang ada di dalam helikopter tewas dalam insiden tersebut.

Namun, seperti biasa, ISAF menolak klaim mujahidin dan mengatakan bahwa helikopternya mengalami kerusakan mesin sehingga memaksanya untuk melakukan pendaratan darurat.

Aliansi militer Barat itu pun menambahkan bahwa semua awak helikopter selamat dan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Dalam insiden lain, tiga puluh satu tentara operasi khusus AS dan tujuh pasukan Afghanistan tewas ketika helikopter Chinook CH-47 jatuh akibat rentetan rudal yang ditembakkan mujahidin pada tanggal 6 Agustus di provinsi Wardak, Afghanistan timur.

Hamid Karzai sendiri yang membuat pengumuman pertama mengenai jumlah orang yang tewas serta kehadiran pasukan operasi khusus AS dalam kecelakaan tersebut.

Presiden AS Barack Obama juga berkomentar tentang kecelakaan itu.

“Kematian mereka adalah pengingat dari pengorbanan luar biasa yang dibuat oleh militer kami dan keluarga mereka, termasuk semua yang telah bertugas di Afghanistan,” kata Obama dalam sebuah pernyataan.

Menurut angka resmi yang dirilis oleh situs icasualties.org, total pasukan asing yang telah kehilangan nyawa mereka dalam dalam perang Afghanistan selama tahun ini saja adalah sekitar 534 jiwa.

Meningkatnya jumlah korban militer asing di Afghanistan telah menyebabkan kemarahan meluas di AS dan negara-negara anggota NATO, serta menjadikan perang Afghanistan tidak lagi populer. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...