Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan blokir 1.695 kata untuk SMS?

3

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Pakistan memblokir 1.695 kata dalam bahasa Inggris dan Urdu yang dianggap kasar atau tidak senonoh dalam berkirim pesan singkat atau SMS. Kini, seluruh operator telekomunikasi di Pakistan telah memberlakukan pemblokiran tersebut.

Sebuah daftar berisi kata-kata yang terlarang digunakan sudah diedarkan di seluruh negeri sejak 14 November untuk disosialisasikan selama sepekan. Setelah tenggat waktu sosialisasi berakhir, seperti dimuat CNN pada Rabu (22/11/2011), barulah Badan Telekomunikasi Pakistan (PTA) mulai memberlakukan pemblokiran kemarin.

Beberapa kata yang diblokir misalnya saja athlete’s foot, lotion, fairy, four twenty, dan harder, seperti dikutip dari Times of India. Kata-kata lain yang dianggap tidak senonoh adalah taxi -yang merupakan sebutan lain pekerja prostitusi di Pakistan, gay, homosexual, urinate, mary jane, atau hole.

Pihak PTA mengatakan, pemblokiran dilakukan sebagai upaya mengurangi jumlah SMS spam atau SMS yang tak diharapkan. Namun, meskipun sudah mulai memberlakukan, pihak operator mengaku merasa dirugikan karena merasa keputusan ini kurang adil.

“Banyak kata yang diblokir bukan merupakan kata-kata jorok, bahkan merupakan istilah-istilah resmi, termasuk istilah hukum,” kata Syed Mohammad Tayyab, pengacara pihak operator. “Keputusan PTA benar-benar tak adil dan perlu ditinjau ulang secara yudisial.”

Operator pun meminta PTA memberikan klarifikasi atas keputusan yang dirasa sepihak ini. Selain itu, PTA juga dianggap sebagai polisi moral dengan peraturan yang melanggar kebebasan berbicara serta mempermalukan Pakistan. (viva/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...