Berita Dunia Islam Terdepan

Masa depan Wikipedia ada di India?

2

CALIFORNIA (Arrahmah.com) – Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales menyatakan, masa depan Wikipedia adalah di India. Dia mengatakan hal tersebut saat konfrensi Wiki, pada Jumat lalu.

Mengatasai kerumuman besar di Mumbay University, selama tiga hari pembukaan konfrensi Wiki di India, Wales mengatakan dia sangat beruntung berada di India.

Dilansir IB Times, Minggu, (20/11/2011), Wales melihat peluang yang besar dalam bahasa India. Namun, ia juga menyebutkan bahasa Inggris mempunyai hampir 3 juta entri di Wikipedia yang dikelola sekira 35 ribu editor, sedangkan Hindi hanya memiliki sekira 50 editor.

Menurutnya masalah keyboard dan perangkat lunak untuk mengembangkan Wikipedia dalam bahasa India, dapat diatasi oleh Wikimedia Foundation.

Wikipedia bahasa India setidaknya 10 tahun dibelakang versi bahasa Inggris, tetapi memiliki potensi besar untuk tumbuh.

Bukan hanya Wikipedia bahasa India yang memiliki prospek bagus, Profesor Krishna Kumar, yang bekerja di Indian Language di Inggris mengatakan Wikipedia dan Wikimedia mempunyai masa depan yang cerah.

“Ini telah dilakukan dalam satu dekade, apa yang perpustakaan Alexandria tidak bisa lakukan dalam 2 ribu tahun. Wikipedia akan mempunyai layanan di India, dimana masalah bahasa berkembang,” ujat Kumar. (okz/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...