Berita Dunia Islam Terdepan

Anak Qaddafi Saif al-Islam tertangkap ketika ingin kabur ke Nigeria

0

LIBYA (Arrahmah.com) – Pejabat pemerintahan transisi Libya (NTC) menyatakan putra Muammar Qaddafi, Saif al-Islam telah ditangkap. Sebagaimana dilansir laman BBC, Saif ditangkap di Kota Obari yang terletak di sebelah selatan Libya.

Saif (39) menjadi buronan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) karena dianggap melakukan kejahatan kemanusiaan karena membantai rakyat selama bergolaknya perlawanan kepada sang ayah, Muammar Qaddafi.

Sebelumnya, juga telah terjadi negosiasi penyerahan diri Saif dengan ICC. Namun belum juga terwujud hingga akhirnya ditangkap pada Sabtu, 19 November 2011 ini.

Menteri Hukum NTC, Mohammed al-Allagui mengatakan saat tertangkap, Saif dikawal oleh sejumlah pengawal. Saif kemudian dibawa ke Zintan yang terletak di sebelah utara Libya.

Saat tertangkap, kesehatan Saif dalam kondisi bagus. Komandan pasukan brigade Zintan, saat menggelar jumpa pers mengatakan Saif ditangkap saat akan dibantu melarikan diri ke Niger. Saif melarikan diri saat NTC berhasil merebut Tripoli pada Agustus yang lalu. (dbs/arrahmmah.com)

Baca artikel lainnya...