Berita Dunia Islam Terdepan

India uji kapabilitas rudal dengan jarak tembak terpanjang

3

NEW DELHI (Arrahmah.com) – India pada hari Selasa (15/11/2011) berhasil menguji kapabilitas rudal dengan jarak tembak terpanjang kisaran yang mampu membawa hulu ledak nuklir seberat satu ton, kata para pejabat.

Juru bicara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) mengatakan rudal Agni-IV ini diluncurkan pada 09.00 waktu setempat dari sebuah tempat pengujian di negara bagian Orissa, sebelah timur India.

“Semua parameter telah dipenuhi dan ini adalah pengujian tes yang sangat sukses,” kata Ravi Gupta kepada AFP.

Dia mengatakan rudal yang berkemampuan nuklir serta didukung oleh bahan bakar padat ditembakkan melewati Teluk Benggala ke Samudera Hindia. Agni dalam bahasa Sansekerta berarti api.

“Agni-IV memiliki jangkauan maksimum 3.500 kilometer tapi kali ini parameter peluncuran adalah 3.000 kilometer,” lanjut Gupta.

Agni adalah salah satu dari lima rudal yang dikembangkan oleh DRDO di bawah Program Pengembangan Rudal Terpadu yang dibentuk pada tahun 1983.
Bukan hanya ekonomi, India pun berhasil membuktikan pada dunia bahwa negaranya bisa mengembangkan industri militernya dengan baik dibanding negara-negara dunia ketiga lainnya di kawasan Asia.

Meskipun bersekutu, AS dan Inggris tampaknya bersaing ketat untuk mempengaruhi kebijakan India dan menyuntikkan kepentingan di negara ini. India pun merupakan salah satu negara yang memiliki senjata nuklir sama seperti Pakistan. Kecemasan AS dan Inggris semakin bertambah dengan sikap ramah India terhadap Rusia dan Cina yang masih menjadi rival AS dalam pertarungan hegemoni internasional, meski Komunisme sudah tidak lagi berkuasa. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...