Berita Dunia Islam Terdepan

Raja Yordania: “Israel berusaha jadikan Yordan sebagai negara alternatif untuk Palestina”

5

YORDANIA (Arrahmah.com) – Sumber-sumber media melaporkan bahwa Raja Abdullah dari Yordania menyatakan bahwa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, sedang berusaha meruntuhkan Kerajaan Hashemit dengan mengubahnya menjadi negara alternatif untuk Palestina.


Raja menambahkan bahwa Netanyahu tidak percaya pada solusi dua negara dengan Palestina.

Pernyataan tersebut datang, dua hari lalu, dalam wawancara dengan Washington Post, di mana ia juga menyatakan bahwa Netanyahu dan pemerintahannya jelas-jelas menolak solusi dua-negara, dan tidak memiliki rencana politik yang jelas untuk menyelesaikan konflik.

“Jelas bahwa pemerintah ini ingin menyebabkan runtuhnya proses perdamaian di kawasan itu. Kami percaya bahwa Netanyahu dan pemerintahannya berusaha mendorong Yordan menjadi tanah air alternatif bagi rakyat Palestina”, tambahnya.

Menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan bahwa Mesir akan membatalkan perjanjian damai dengan Israel, dan efek dari gejolak Arab, Raja menyatakan bahwa apa yang terjadi di Mesir, dan serangan terhadap kedutaan besar Israel di Kairo, menurunnya hubungan Turki – Israel, bisa mendorong pemerintah Mesir untuk membatalkan kesepakatan damai dengan Tel Aviv.

 

Dan tentu saja kebijakan yang sedang berlangsung pemerintah Netanyahu juga mengancam hubungan Israel-Yordania.

Raja Abdullah lebih lanjut menyatakan bahwa “tampak jelas bahwa Israel bertindak secara sistematis untuk melemahkan Otoritas Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat, dalam rangka untuk memaksa keruntuhannya”, serta menambahkan bahwa ini akan menjadi langkah pertama sebelum seluruh proses perdamaian runtuh, memungkinkan Israel untuk melaksanakan agenda transformasi Yordan ke Palestina dan membatalkan solusi dua-negara. (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...