Berita Dunia Islam Terdepan

Rakyat Afghan gelar demo anti-AS di Kabul

11

KABUL (Arrahmah.com) – Ratusan warga Afghanistan menggelar aksi unjuk rasa di ibukota Afghanistan, Kabul, menentang pendudukan yang dipimpin oleh AS di negeri mereka, lapor Press TV.

Pendemo berkumpul di jalan-jalan utama di ibukota selama beberapa jam pada Kamis (6/10/2011) untuk memperingati 10 tahun pendudukan AS terhadap Afghanistan sejak 2001.

Para pendemo mengutuk tentara pendudukan AS untuk pembunuhan sipil tak bersalah dan menuntut mereka secepatnya untuk menarik diri dari Afghanistan.

“Pendudukan, kekejaman, kebrutalan,” tulis spanduk yang diangkat oleh para perempuan Afghan yang ikut serta dalam aksi protes ini.

“Tidak untuk pendudukan,” tulis spanduk lainnya.  Bendera AS juga dibakar dalam aksi protes tersebut.  Spanduk lainnya menampilkan karikatur Karzai sebagai boneka yang memakai sarung tangan memegang pena dan menandatangani dokumen berjudul “janji kepada Amerika Serikat”.

Rakyat Afghan telah menyatakan tekad mereka untuk melanjutkan aksi protes ini.

Sementara itu, serangan udara salibis AS dilaporkan telah membunuh lima sipil Afghan di provinsi Ghazni, Afghanistan timur pada Rabu (5/10).

Ratusan sipil telah kehilangan nyawa mereka dalam serangan udara pengecut dan operasi darat yang dilancarkan oleh tentara pendudukan AS-NATO di Afghanistan selama beberapa bulan terakhir.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...