Berita Dunia Islam Terdepan

Di tengah ketegangan dengan Pakistan, Karzai bertandang ke India

5

NEW DELHI (Arrahmah.com) – Presiden Afghan, Hamid Karzai, menemui Perdana Menteri India, Manmohan Singh di New Delhi untuk menandatangani sejumlah kesepakatan pada hari Selasa (4/10/2011). Pertemuan ini dilakukan di tengah ketegangan yang berlangsung antara Afghanistan dengan Pakistan.

Kunjungan Karzai yang berlangsung selama dua hari ke India memperlihatkan bahwa Afghanistan sedang berusaha mencari keuntungan dari sekutunya yang lain.

Hubungan antara Kabul dan Islamabad akhir-akhir ini menegang karena pembunuhan terbaru terhadap mantan presiden Afghan, Burhanuddin Rabbani.

Rabbani, yang menjadi ketua Dewan Perdamaian Afghanistan, terbunuh di rumahnya di Kabul yang dilansir media menjadi tempat pertemuan antara pemerintah dengan Taliban bulan lalu.

Tim investigasi yang dibentuk oleh Karzai mengklaim pihaknya menemukan bukti bahwa pembom yang membunuh Rabbani berkebangsaan Pakistan dan aksi pembunuhan tersebut direncanakan di Pakistan.

Karzai juga mengumumkan pemerintahannya melakukan pertemuan dengan Taliban karena hal itu merupakan satu-satunya solusi untuk mengakhiri konflik di negaranya.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri Pakistan mengkritik para pejabat Afghan atas pernyataan yang menurut mereka tidak bisa dipertanggungjawabkan. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...