Berita Dunia Islam Terdepan

Jet Yaman lakukan kesalahan, jatuhkan bom di pos militer, bunuh 30 rekan sendiri

5

SANA’A (Arrahmah.com) – Pesawat tempur pemerintah boneka Yaman melakukan kesalahan dengan membombardir posisi militer rekan mereka sendiri di wilayah Yaman selatan, membunuh sedikitnya 30 tentara dan melukai banyak lainnya, lapor pejabat medis dan militer pada Minggu (2/10/2011).

Pejabat boneka Yaman mengatakan bahwa bombardir dilakukan pada Sabtu (1/10) malam di provinsi Abyan yang menargetkan sekolah yang dijadikan shelter oleh tentara Yaman dari Brigade 119.  Sekolah tersebut berlokasi di pinggiran timur kota Zinjibar, di mana Mujahidin Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) berhasil menguasai kota tersebut sejak Mei lalu.

Pertempuran sengit telah berkecamuk di daerah itu selama berhari-hari sebagai bagian kampanye panjang tentara Yaman untuk merebut kembali kota Zinjibar dari tangan Mujahidin.

Sekolah ini terletak di daerah Bagdar, garis depan pertempuran antara pasukan boneka Yaman dengan Mujahidin.  Pada pertempuran di hari Sabtu, sebelum jet Yaman membombardir posisi rekan mereka sendiri, dikabarkan bahwa sedikitnya 28 tentara telah tewas.

Brigade 119 telah memberontak melawan rezim Saleh dan memilih bergabung dengan gerakan protes rakyat pro-demokrasi, namun mereka juga memerangi Mujahidin.  Diduga bahwa Brigade 119 menerima dukungan yang signifikan dari militer AS untuk memerangi Mujahidin di wilayah selatan.

Serangan udara ini akan menyakiti semangat para tentara boneka Yaman yang mencoba mencari jalan mereka untuk pertempuran di Zinjibar dan kota lainnya di provinsi Abyan yang berada di bawah kontrol Mujahidin.

Juga timbul pertanyaan apakah pemboman tersebut sengaja dilakukan untuk menghantam kubu yang tidak sejalan dengan rezim Saleh.  Wallahu’alam.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...