Berita Dunia Islam Terdepan

Indonesia ajak negara anggota OKI dukung Palestina

1

JAKARTA (Arrahmah.com) – Selain mendukung upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB, Indonesia juga mengajak negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan masyarakat internasional untuk mendukung Palestina sebagai anggota PBB ke-194.


Hal itu dilakukan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa yang meminta negara-negara OKI untuk ikut mendukung kemerdekaan di Palestina saat menghadiri pertemuan Tingkat Menlu OKI, di New York, Amerika Serikat.

“Isu Palestina adalah prioritas utama OKI dan Indonesia mendukung penuh upaya Palestina menjadi negara anggota PBB,” tutur Menlu Marty pada Sabtu (24/9/2011).

Pertemuan OKI tersebut diselenggarakan di sela-sela sesi ke-66 Sidang PBB dan dihadiri sekitar 137 Kepala Negara/Pemerintahan, termasuk dari negara-negara OKI dan Gerakan Non Blok (GNB).

“Keanggotaan tersebut akan menjadi puncak perjuangan panjang rakyat Palestina menikmati hak-haknya untuk merdeka,” terang Marty dihadapan para Menlu OKI.

Marty mengungkapkan kemerdekaan suatu negara tidak bisa diserahkan kepada negara tersebut untuk berjuangnya sendiri, pasalnya saat ini kemerdekaan perlu mendapatkan dukungan dari negara-negara lain agar Palestina diakui oleh Dewan Keamanan PBB.

Terkait hal tersebut lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Indonesia harus mengumpulkan semua kekuatan untuk mendorong komunitas internasional yang belum mengakui negara Palestina. Mereka harus segera memberikan pengakuan tanpa ditunda-tunda. Demi keadilan. (dns/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...