Berita Dunia Islam Terdepan

Salibis AS membunuh salah seorang jurnalis BBC

2

KABUL (Arrahmah.com) – Salah seorang wartawan BBC dtembak hingga tewas oleh tentara salibis Amerika di Afghanistan pada bulan Juli, seperti diungkapkan oleh laporan yang dipublikasikan kemarin (8/9/2011).

Ahmed Omed Khpulwak (25) berlindung di kamar mandi setelah pertempuran sengit pecah di dekat pasar Tarin Kowt beberapa saat setelah terjadinya pemboman bunuh diri di wilayah itu. Tak lama kemudian, ia ditembak hingga tewas oleh tentara Amerika yang menyangkanya sebagai pelaku bom bunuh diri, BBC melansir pada hari Kamis (8/9).

Brigjen Carsten Jacobson menyatakan bahwa Khpulwak, seperti yang diklaim oleh tentara itu, memegang gadget di tangannya dan berusaha meraih sesuatu di dalam sakunya (yang kemudian diidentifikasi bahwa ia ingin mengambil kartu identitias persnya). Hal itu membuat salibis AS curiga dan segera mengokang senjata dan membuat nyawa Khuplwak melayang.

Jacobson menambahkan para salibis AS itu memang ditugaskan untuk membersihkan bangunan setelah mereka melaporkan bahwa pelaku bom bunuh diri masuk ke dalam gedung.

NATO menyatakan bahwa penyelidikan masih terus dilakukan atas insiden tersebut. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...