Berita Dunia Islam Terdepan

Turki umumkan rencana pemberian izin bagi AS untuk memasang sistem radar

1

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Juru bicara kementrian luar negeri Turki, Selcuk Unal, menyatakan bahwa Turki berencana untuk memasang sistem radar yang dikembangkan oleh Amerika Serikat untuk NATO.

Keputusan Turki untuk membiarkan sistem radar peringatan itu akan memperkuat kemampuan bertahan bagi NATO serta menguatkan sistem pertahanan nasional Turki, seperti dikutip oleh kantor berita resmi Turki, Anadolu, dari ungkapan Unal pada hari Jumat (2/9/2011).

Unal pun menegaskan bahwa rencana itu sejalan dengan “Konsep Strategis Baru” NATO yang diadopsi oleh pemimpin aliansi militer salibis tersebut di pertemuan puncak di Lisbon tahun lalu.

Turki akan menjadi tempat ditanamnya radar X-band di salah satu pangkalan militer. Namun lokasinya belum diungkapkan, laporan itu menunjukkan.

Menurut laporan, sistem radar, jenis AN/TPY-2, diperkirakan akan dikerahkan di Turki sebelum akhir tahun ini.

Turki sebelumnya telah menyuarakan keprihatinan bahwa data yang dikumpulkan oleh radar itu akan diberikan juga pada Israel.

Awal tahun ini, dua senator AS – Jon Kyl dan Mark Kirk dari kubu Republik – telah mengingatkan Turki atas perjanjian sistem radar di Turki. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...