Berita Dunia Islam Terdepan

Sebagian warga di Sumut buka puasa Selasa siang

3

MEDAN (Arrahmah.com) – Warga sejumlah daerah di Sumatera Utara buka puasa pada Selasa siang (30/8/2011) setelah mendapatkan pengumuman tibanya bulan Syawal dari kenaziran atau bagian penerangan masjid setempat.

“Disuruh buka puasa jam tiga (pukul 15.00 WIB) tadi,” kata warga Desa Paolan, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Juntar Siregar yang dihubungi Antaranews.com.

Ia mengatakan, pihaknya mendapatkan pemberitahuan untuk berbuka puasa tersebut dari pengumuman yang disampaikan pihak kenaziran masjid setempat.

Saat dikonfirmasi, pengurus kenaziran masjid menyebutkan bahwa pengumuman itu disampaikan setelah adanya informasi dari sebuah stasiun televisi yang menyebutkan bulan Syawal telah tiba. “Jadi, kami pun buka puasa,” katanya.

Mengenai shalat Idul Fitri, pelaksanaannya akan dilakukan pada Rabu (31/8) karena diselenggarakan pada pagi hari.”Kalau shalat Idul Fitri, besok pagi,” katanya.

Buka puasa pada Selasa sing juga dilakukan sejumlah warga Kabupaten Batubara karena adanya pengumuman dari kenaziran masjid mengenai tibanya bulan Syawal.

“Dari masjid diumumkan sudah masuk bulan Syawal. Jadi, warga pun berbuka puasa,” kata Khairul Anwar warga Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara. (ant/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...