Berita Dunia Islam Terdepan

Imarah Islam Abyan akan menjadi “negara yang nyata”

3

ABYAN (Arrahmah.com) – Pengganti presiden boneka Yaman saat ini, Abd-Rabbu Mansour Hadi memperingatkan bahwa Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) tengah mempersiapkan untuk menjadikan Imarah Islam Afghanistan menjadi sebuah “negara nyata” yang ekonomi dan pasukan bersenjatanya akan mirip dengan Imarah Islam Afghanistan, lapor Xinhua.

“Al Qaeda yang bangkit kembali mengumpulkan unsur dan pemimpin dari provinsi Yaman dan beberapa negara Arab dan disebarkan ke Abyan keuntungan dari krisis politik yang sedang berlangsung untuk mendirikan negara Islam di sana,” ujar Hadi mengatakan dalam sebuah percakapan telepon dengan penasehat “kontra-terorisme” Inggris, Robin Searby.

Peringatan itu muncul dua hari setelah Mujahidin Al Qaeda kembali mengambil alih kota strategis di pesisir pantai negara itu, Shaqra di Abyan setelah mengalami pertempuran sengit melawan tentara boneka.

Shaqra berlokasi sekitar 480 Km dari ibukota Yaman, Sana’a.

Pejabat lokal mengatakan kepada Xinhua bahwa Al Qaeda “berencana mengambil lebih banyak kota di Abyan dan di provinsi tetangga, Shabwa.”  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...