Berita Dunia Islam Terdepan

‘Perang’ Fecebook vs Google + terus membara

3

(Arrahmah.com) – Demi menarik pengunjung lebih banyak, situs jejaring sosial Facebook untuk pertama kalinya  menyiarkan pertandingan sepak bola secara langsung. Pertandingan yang disiarkan tersebut adalah laga pertama Piala FA di Inggris antara Ascot United dan Wembley FC pada Jumat (19/8/2011) waktu setempat.

Pertandingan ini akan disiarkan di laman produsen minuman, Budweiser di Facebook (www.Facebook.com/BudweiserUK). Syaratnya cuma satu, penonton harus berumur 18 tahun. Menurut situs theinquirer.net, kemungkinan besar pertandingan sepak bola di Facebook ini akan menyita perhatian 700 juta orang.

“Suatu kehormatan bagi kami dipilih menjadi pertandingan pertama yang disiarkan di Facebook,” ujar Ketua Umum Ascot United Mike Harrison.

Lain Facebook, lain Google +, demi menambah pengunjung dan menandingi Facebook dengan menambah fitur games, Google kembali menambah amunisi baru untuk memperkuat situs jejaring sosial Google+, yaitu layanan video conference dengan sesama teman saat menonton video dari YouTube. Layanan yang sudah tersedia adalah Google+ Hangout.

Cara menggunakan fitur ini pun cukup mudah. Tinggal mengklik tombol “Share” pada video apa pun di YouTube kemudian akan muncul beberapa pilihan berbagi video. Selain pilihan yang sudah ada sebelumnya, seperti berbagi melalui email, Facebook, atau Twitter, sekarang ditampilkan pula opsi baru, yaitu “Start a Google+ Hangout”.

Pengguna Google+ yang mengklik opsi ini akan dibawa ke windows baru yang memungkinkan mereka mengajak teman dari Google+ Circles untuk melakukan video conference sambil menonton video.

Saat peluncurannya pada Juni lalu, pengguna dapat menonton video YouTube bersama teman mereka melalui Hangouts. Dengan menambahkan layanan ini di YouTube, Google memperluas layanan Google+ dan memperkuat posisinya dalam persaingan dengan Facebook.

Sebelumnya, jejaring sosial Facebook bekerja sama dengan Skype menawarkan layanan video chat tak lama setelah Google+ diluncurkan. (TI/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...