Berita Dunia Islam Terdepan

Innalillaahi, Azerbaijan melarang para guru muslimah mengenakan hijab

4

BAKU (Arrahmah.com) – Republik Azerbaijan telah melarang guru perempuan muslim untuk mengenakan hijab di sekolah.

Ajdar Aghayev, kepala Departemen Pendidikan Azerbaijan, menyatakan bahwa larangan ini akan diberlakukan di tahun ajaran baru. Ia menambahkan langkah ini merupakan salah satu cara untuk menyamakan seragam bagi para guru.

Aghayev juga menyatakan bahwa para guru yang tidak mengenakan kerudung dapat dengan mudah membuat siswa untuk mematuhi aturan-aturan sekolah, dimana mereka harus mengenakan seragam tanpa hijab.

Keputusan ini muncul beberapa hari setelah sekitar 130.000 orang menandatangani petisi yang ditujukan pagi Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, agar ia segera membatalkan larangan pemakaian kerudung ke sekolah.

Sejumlah pejabat Azerbaijan telah berusaha mencegah siswa muslimah yang mengenakan hijab untuk menghadiri sekolah sejak Desember 2010.

Baku juga melarang warga Azerbaijan untuk melakukan aktivitas keagamaan secara terbuka.

Kebijakan yang sangat anti-Islam telah menimbulkan penentangan kuat di negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim ini. Rakyat Azerbaijan mendesak pemerintahnya untuk menghormati nilai-nilai agama dan mencegah negaranya tergelincir ke dalam krisis serupa yang dialami oleh sebagian besar negeri muslim lainnya. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...