Berita Dunia Islam Terdepan

Kemenhub sediakan kapal mudik gratis, segera daftar!

5

JAKARTA (Arrahmah.com) – Kementerian Perhubungan telah menyiapkan kapal mudik gratis yang akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, demikian yang diungkapkan Menteri Perhubungan Freddy Numberi.
“Kapal (untuk mudik gratis) sudah disiapkan,” kata Freddy Numberi saat ditemui setelah mengikuti acara Pidato Kenegaraan Presiden RI di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Selasa (16/8/2011).

Menhub memastikan para pemudik tidak akan dipungut biaya apapun untuk menggunakan fasilitas kapal tersebut. Kapal yang digunakan diperkirakan mampu mengangkat sekitar 1.000 penumpang dan 500 motor.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan TNI AL merencanakan program “Mudik Gratis Dengan Menggunakan Kapal”.

Kapal yang akan digunakan adalah kapal milik TNI AL jenis LPD (“Landing Platform Dock”) pada awalnya bertujuan untuk mengangkut para pemudik yang menggunakan motor.

Kapal tersebut rencananya akan berangkat Sabtu (27/8). Bagi para pemudik yang ingin menggunakan jasa ini dapat mendaftar pada 18-23 Agustus.

Kemenhub menyatakan perjalanan gratis dengan kapal bagi para pemudik motor tersebut juga dimaksudkan untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

Terkait hal tersebut, Ditjen Perhubungan Laut telah menyiapkan armada sebanyak 733 unit kapal dengan kapasitas daya angkut 3,19 juta orang.

Selain Kemenhub, PT Pelni juga dilaporkan telah menyediakan sebanyak 26 armada untuk membantu meningkatkan kapasitas para pemudik. (ans/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...