Berita Dunia Islam Terdepan

Hari raya tahun ini tidak serempak

2

YOGYAKARTA (Arrahmah.com) – Hari raya tahun ini tidak serempak, pasalnya diperkirakan akan ada dua kali hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriyah di tanah air, demikian yang diungkapkan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Terkait hal tersebut, Muhammadiyah sudah memastikan Hari Raya pada 30 Agustus 2011, sementara Nahdlatul Ulama diprediksi MUI pada 31 Agustus 2011.

“Diperkirakan Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah dua kali yaitu, hari Selasa 30 Agustus dan Rabu 31 Agustus,” kata Toha Abdurrahman selaku Ketua MUI DIY, di Yogyakarta, Rabu (10/8/2011).

Toha menjelaskan, perkiraan dua kali hari Raya Idul Fitri tersebut disebabkan karena pada Selasa malam 30 Agustus itu, hilalnya baru 1,49 derajat.

Toha menuturkan, yang berlebaran hari Selasa tanggal 30 Agustus itu landasannya adalah menggunakan Al-Qur’an dengan metode hisab, seperti Muhammadiyah. Sedangkan yang Lebaran hari Rabu 31 Agustus juga menggunakan Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW dengan cara rukyah, seperti yang dilakukan NU.

Meskipun demikian Toha menghimbau agar masyarakat tidak saling mempermasalahkan hal tersebut. Ia mengatakan Hari Raya dua kali itu tidak masalah. Terserah masyarakat mau Lebaran yang mana. (voaI/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...