Berita Dunia Islam Terdepan

Pejabat Afghan : Chinook AS ditembak jatuh karena masuk perangkap Taliban

2

KABUL (Arrahmah.com) – Kecelakaan helikopter yang menewaskan lebih dari 30 tentara teroris AS di Afghanistan setelah ditembak jatuh oleh Mujahidin Imarah Islam Afghanistan, menurut pejabat Afghan terjadi karena Mujahidin memasang jebakan.
“Kini kami tegaskan bahwa helikopter itu ditembak jatuh dan itu adalah perangkap yang dipasang oleh komandan Taliban,” ujar pejabat itu yang tidak ingin disebutkan namanya pada Senin (8/8/2011).

Pejabat itu mengatakan komandan pasukan AS memberitahukan bahwa di sana diadakan pertemuan petinggi Taliban.

Pejabat AS yang didukung pemerintah boneka Hamid Karzai, berfikir bahwa serangan itu dilakukan untuk pembalasan dendam atas kematian Syeikh Usamah, walaupun pihak Mujahidin tidak membuat pernyataan semacam itu ketika mereka mengumumkan bertanggung jawab atas serangan itu.

Mengutip intelijen yang berkumpul di daerah kejadian, pejabat menyalahkan Qahi Tahir, komandan Taliban karena mendalangi serangan itu.  Ia menyatakan empat warga Pakistan membantu Tahir dalam melancarkan serangan.

Ia mengatakan intelijen telah menunjukkan bahwa Chinook AS dijatuhkan dengan menembak dari berbagai arah menggunakan “senjata modern” tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Helikopter diserang dari kedua sisi lembah, rute yang hanya mungkin dilalui di distrik Sayedabad, provinsi Wardak dimana serangan terjadi pada Jumat malam.

“Taliban tahu pasti rute mana yang akan diambil helikopter,” tambahnya.

“Itu satu-satunya jalan, sehingga mereka mengambil posisi pada kedua sisi lembah di pegunungan dan saat helikopter mendekat mereka menyerang dengan roket dan senjata modern lainnya.  Heli terjatuh oleh beberapa tembakan,” ujarnya.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...