Berita Dunia Islam Terdepan

Muslim Uighur desak otoritas Cina tuk hentikan penindasan terhadap Muslim

3

XINJIANG (Arrahmah.com) – Pejabat Cina berjanji akan melakukan tindakan tegas terhadap Muslim Uighur di kota Kashgar, provinsi Xinjiang.

Setelah kerusuhan di provinsi Xinjiang, Cina, pejabat tinggi Cina menyeru untuk operasi pencarian di sana terhadap Muslim Uighur yang mereka sebut “pengacau”.

Zhang menyerukan tindakan keras di kota Kashgar di provinsi barat laut, datang seminggu setelah polisi Xinjiang bersumpah akan melakukan tindakan tegas kepada Muslim Uighur, lapor Reuters pada Senin (8/8/2011).

Pejabat kepolisian, Meng Jianzhu mengatakan bahwa Beijing tidak akan menunjukkan kemurahan hati untuk siapa saja yang berdiri untuk menuntut hak-hak mereka.

Kashgar, merupakan rumah bagi minoritas Muslim Uighur, telah menjadi ajang bentrokan etnis yang menewaskan nyawa 21 orang pekan lalu.

Muslim Uighur mengatakan kerusuhan itu merupakan ledakan kemarahan Muslim yang tidak senang dengan penindasan politik dan agama terhadap mereka juga imigrasi etnis Han oleh otoritas Cina di provinsi itu.

Masyarakat Uighur juga meminta otoritas Cina untuk menghentikan penindasan sistematis terhadap Muslim.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...