Berita Dunia Islam Terdepan

Somalia mengklaim berhasil usir Al Shabab dari Mogadishu

2

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Presiden Somalia, Sheikh Sharif Ahmed, menyatakan pada Sabtu (6/8/2011) bahwa militernya telah berhasil mengalahkan Harakah Al Shabaab Mujahidin dalam pertempuran di ibukota Mogadishu.

“Pemerintah Somalia menyambut keberhasilan yang dicapai oleh pasukan pemerintah Somalia yang didukung oleh AMISOM dalam mengalahkan musuh Al Shabaab,” kata Ahmed dalam konferensi pers di kediamannya kemarin (6/8).

Menolak klaim Ahmed, juru bicara Al Shabaab, Sheikh Ali Mohamud Rage, mengatakan kemunduran mereka merupakan bagian dari strategi dan mujahidin masih mengontrol sejumlah posisi di tempat lain di Somalia.

Kemunduran Al Shabaab diikuti serangkaian baku tembak sengit pada akhir Jumat (5/8).

“Hal ini sangat signifikan,” kata Menteri Pertahanan Somalia, Hussein Arab Esse, “Namun perang belum usai.”

Meski demikian, di tengah maraknya klaim kemenangan di pihak pemerintah Somalia yang didukung oleh Barat dan Uni Afrika, sejumlah kalangan tetap mengkritik ketidakmampuan pemerintah.

“Bukan hanya kekuatan Al Shabaab yang membuat mereka bertahan lama di Mogadishu. Namun hal itu disebabkan juga oleh ketidakmampuan dan kelemahan (pemerintah Somalia),” kata Afyare Elmi, seorang profesor di Universitas Qatar, jurusan Hubungan Internasional. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...