Berita Dunia Islam Terdepan

FBI luncurkan aplikasi untuk cegah penculikan anak

3

WASHINGTON (Arrahmh.com) – FBI meluncurkan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mencegah penculikan anak. Aplikasi bernama Child ID ini berisi biodata si anak, berupa foto, ciri-ciri fisik, tinggi dan berat badan.

FBI sengaja membuat software tersebut dalam format email agar dalam keadaan darurat, orang tua lebih mudah menghubungi dan mengirimkan data anaknya ke pihak berwajib.

“Melalui aplikasi ini orang tua juga bisa membuat laporan tentang anak mereka ke polisi setempat,” kata FBI dalam pernyataan resminya, seperti diikutip Telegraph, Minggu (7/8/2011).

Selain berisi tentang identitas anak, aplikasi tersebut juga memberikan tips tentang apa yang harus dilakukan beberapa jam pertama setelah orang tua menyadari anaknya hilang atau di luar pengawasan.

Untuk keamanan data anak, FBI menjamin konten di dalam aplikasi tidak akan tersebar kepada siapapun, kecuali orang tua telah melaporkan bahwa anak mereka hilang.

Namun untuk sementara aplikasi Child ID baru tersedia gratis untuk iPhone. Untuk ponsel pintar lainnya, seperti Android, BlackBerry, atau Windows Phone, FBI mengatakan akan diusahakan dalam waktu dekat. (TI/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...