Berita Dunia Islam Terdepan

Selama Ramadhan, BPOM lakukan inspeksi mendadak terhadap sejumlah swalayan di Depok

2

DEPOK (Arrahmah.com) – Waspadai makanan beku (frozen food) curah yang beredar di pasaran. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pasar swalayan menjelang hari raya Idul Fitri. Petugas Dinkes menyita 17 jenis makanan beku (frozen food) curah seperti tahu, bakso, manisan, cincau serta nugget dan kentang.

Dari makanan yang disita, terdapat beberapa kejanggalan. Diantaranya, izin dan kode produksi tidak sesuai dan bukan dikeluarkan oleh BPOM.

“Dari izinnya dikeluarkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) tapi kode produksinya bukan milik BPOM. Ini yang akan kami telusuri mengapa supermarket besar bisa kecolongan seperti ini,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Dinkes Depok, Jumat (5/8/2011).

Seluruh makanan curah yang disita akan diuji di laboratorium. Jika diketahui makanan tersebut mengandung zat berbahaya maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas.

“Kami akan melakukan tes awal di kantor, selanjutnya akan diuji di laboratorium untuk mengetahui kandungan bakteri, sebelumnya akan dilakukan pembinaan terlebih dahulu. Kalau bandel lagi bisa dicabut izinnya,” tegasnya.

Sejumlah parameter yang diuji pada sampel makanan antara lain kadar boraks, formalin dan zat pewarna. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati mengonsumsi makanan siap saji apalagi dalam bentuk curah.

“Karena tidak terdapat tanggal kadaluarsa seperti makanan siap saji yang sudah berlabel. Untuk yang berlabel juga agar lebih dilihat lagi tanggal kadaluarsa dan kode produksinya,” tandasnya. (msnnews/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...