Berita Dunia Islam Terdepan

Islamic Center pertama Bengkulu siap digunakan

5

BENGKULU (Arrahmah.com) – Gedung Islamic Center yang dibangun di samping Masjid Raya Baitul Izzah Padang Harapan Kota Bengkulu dan mampu menampung 2.000 orang telah siap digunakan.

“Bangunan dua lantai ini sudah siap digunakan dengan kapasitas 2.000 orang, bisa untuk tempat pertemuan, pengajian, seminar dan lainnya,” kata Imam Masjid Raya Baitul Izzah, Rusli M Daud, di Bengkulu, Sabtu (6/8/2011).

Ia mengharapkan, keberadaan Islamic Center pertama di Kota Bengkulu tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempertebal keimanan dan ilmu tentang Islam.

Lantai satu bangunan yang menyatu dengan Masjid Baitul Izzah tersebut akan digunakan sebagai gedung serba guna, termasuk untuk acara pernikahan.

“Lantai satu akan dimanfaatkan sebagai ruang serba guna, termasuk pernikahan dan di lantai dua untuk seminar agama, pengajian dan lain sebagainya,” tambahnya.

Rusli mengatakan selain menambah gedung Islamic Center, masjid Baitul Izzah yang dibangun pada 1979 tersebut terus berbenah, dimana kini jemaahnya mencapai 2.500 orang.

Masjid yang berdiri di simpang empat Padang Harapan Kota Bengkulu itu merupakan salah satu masjid yang selalu dipadati jamaah.

Selain tempat beribadah umat Islam di Kota Bengkulu, masjid tersebut juga sekaligus tempat kegiatan keagaaman Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu.

“Dengan adanya Islamic Center, kegiatan diluar ibadah bisa dilakukan di gedung dua lantai ini,” katanya.

Masjid terbesar kedua setelah Masjid Agung At-Taqwa di Kelurahan Anggut Atas tersebut juga sudah pernah direnovasi pada 1997 dengan menambah luas bangunan dari 25 x 25 meter menjadi 40 X 40 meter dengan kapasitas 2.500 jamaah.

Saat renovasi yang kedua, kubah masjid diganti dari kubah biasa menjadi kubah yang megah tanpa menggunakan tiang tengah. Dinding dalam bagian atas dilukis ornamen yang bertuliskan Asmaul Husna atau 99 nama Allah SWT.

“Saat renovasi kedua dinding masjid sengaja terbuka, agar terasa sejuk karena Kota Bengkulu cuacanya cukup panas,” ujarnya. (ant/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...