Berita Dunia Islam Terdepan

Kirim kartu lebaran lewat BlackBerry

3

JAKARTA (Arrahmah.com) – Ucapan selamat hari raya yang biasanya “bertebaran” saat lebaran tak perlu lagi menggunakan kartu. Selain boros kertas, juga boros tenaga dan biaya karena harus membeli kartu lebaran di toko. Kini, mengirimkan kartu ucapan selamat hari raya cukup dengan menggunakan jari anda, dan tentu saja dengan biaya lebih hemat.

Pengguna Blackberry dan ponsel berbasis Android kini bisa saling mengirimkan kartu ucapan, tidak lagi sekadar ucapan selamat berupa kata-kata tapi juga gambar. Risto Mobile Solutions, sebuah pengembang aplikasi mobile konsumer yang berbasis di Singapura akan meluncurkan aplikasi mobile gift bernama “Gift&Take”.

Direktur Grup Risto Mobile, Michael Boon mengatakan Gift&Take adalah platform aplikasi mobile gift untuk mengirim bingkisan pesan secara personal melalui layanan BlackBerry Messenger 6 (BBM 6).

“Anda bisa mengirim bingkisan pesan kepada teman BBM,” kata Michael Boon saat konferensi pers peluncuran Gift&Take di Restoran Bebek Bengil, Jakarta, Kamis (4/8/2011).

Tujuan peluncuran aplikasi tersebut adalah untuk meningkatkan tingkat komunikasi bagi pengguna BBM, yang selama ini hanya mengirimkan kata-kata dan tanda emoticon. Aplikasi ini tidak saja tersedia bagi pengguna BlackBerry, tapi juga bagi pemakai ponsel Android.

Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di http://myGIFTnTAKE.com dan juga tersedia di Blackberry App World dan Android Market.

“Sekarang BlackBerry App World sudah terbuka, jadi kami masukkan,” kata Supervisor Aplikasi Developer Risto Mobile Indonesia Danang Setiajaya.

Gift&Take rencananya baru akan diluncurkan pada 15 Agustus 2011. Indonesia dipilih sebagai tempat yang pertama kali digunakannya aplikasi ini. Sedangkan untuk mengunduh aplikasi tersebut bisa dilakukan mulai tanggal 8 Agustus 2011.

“Ini mengingat komunitas BlackBerry di Indonesia yang besar,” kata Danang.

Danang menjelaskan Gift&Take bisa diunduh secara gratis. Namun dalam pemakaiannya, Gift&Take ada yang gratis dan ada yang berbayar. Bingkisan berbayar atau bingkisan premium bisa dikirimkan ke banyak orang, sedangkan yang gratis hanya bisa dikirimkan ke satu orang.

Untuk penggunaan bingkisan premium, Gift&Take menerapkan sistem kredit. “Jadi pengguna beli kredit seperti sistem deposit, semakin banyak yang dia beli akan semakin murah,” kata Danang.

Bingkisan premium dikirim dengan harga mulai Rp 500 hingga Rp 5.000. Pelanggan dari operator Telkomsel, Indosat, dan XL akan melakukan pembelian yang nantinya akan diberikan tagihan pada pulsa pelanggan. Sedangkan bagi pengguna prabayar, biaya akan dipotong dari saldo pulsa.

Selama bulan Ramadan, Gift&Take menyediakan paket promosi, khususnya bingkisan yang bernuansa Ramadhan dan Idul Fitri. Pengguna Gift&Take dapat menikmati harga promosi Rp 5000 untuk pembelian 20 kredit pengiriman ucapan khusus Ramadhan. Kredit promosi ini harus digunakan dalam waktu 24 Jam sesudah pembelian.

Danang mengatakan tema-tema bingkisan atau kartu ucapan akan terus dikembangkan sesuai dengan hari-hari perayaan agama yang sedang berlangsung. Tertarik? (TI/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...