Inggris rogoh £ 18 M untuk perang Afghanistan

23

LONDON (Arrahmah.com) – Komite Pertahanan dalam parlemen Inggris mengatakan keterlibatan Inggris dalam perang di Afghanistan telah menelan biaya £ 18 miliar yang diambil dari para pembayar pajak Inggris, yang saat ini pun harus diperas membayar £ 260 miliar untuk perang yang dipaksakan di Libya.

Angka total ini lebih besar daripada yang diperkirakan oleh menteri keuangan Inggris, George Osborne, pada bulan Maret. Ia memperkirakan perang tidak akan menelan biaya lebih dari puluhan juta.

Tapi komite pertahanan menegaskan bahwa angka tersebut tidak lebih dari perkiraan dan mereka mengatakan, “Total biaya operasi di Afghanistan tidak diketahui (bisa jadi lebih dari perkiraan).”

Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) juga mengatakan kepada komite bahwa terlalu dini untuk memperkirakan biaya operasi militer Inggris di Libya.

Komite ini menekankan bahwa MoD memprediksi aksi militer negara itu di Afghanistan akan menelan biaya lebih dari £ 4 miliar pada 2011 saja. Tapi militer belum mengungkapkan biaya-biaya inti, termasuk pemeliharaan peralatan dan pelatihan, laporan tersebut menambahkan.

Berita itu datang hanya sesaat setelah Kementerian Pertahanan mengumumkan rencana untuk memecat 28.000 pasukan dan memangkas biaya peralatan dalam rangka menangani defisit dana senilai £ 38 miliar. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.