Pawai kejujuran anak yatim sambut Ramadhan 1432 H

21

SURABAYA (Arrahmah.com) – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1432H, puluhan anak yatim binaan Yatim Mandiri Surabaya menggelar Pawai Kejujuran Anak Yatim Sambut Ramadhan 1432 H.

Acara ini diadakan di Taman Bungkul dan berakhir di Jalan Raya Darmo Surabaya (depan Masjid Al-Falah), pada Jum’at, (29/7), jam 13.30 – 15.00 WIB.

Dalam aksinya, anak-anak yatim melakukan pawai kejujuran mulai dari Taman Bungkul menuju kepersimpangan Raya Darmo Surabaya (depan Masjid Al-Falah), lalu membagi-bagikan buku Panduan Ramadhan, jadwal Imsakiyah dan Bendera Merah Putih kepada warga Surabaya, khususnya para pengguna jalan.

Menariknya, saat melakukan aksi ini anak-anak yatim mengenakan pakaian dengan beragam profesi. Diantaranya pakaian Hakim, Polisi, Ustadz, Gubernur, Walikota, Ketua KPK, Guru, Arsitek, Dokter sampai Presiden. Penggunaan pakaian khas tersebut menggambarkan harapan dan cita-cita mereka, sembari membentangkan poster bertuliskan :

  • Aku ingin menjadi Presiden yang bersemangat dan mensejahterakan rakyat.
  • Aku ingin jadi Arsitek, biar bisa bangun gedung DPR yang ramah rakyat.
  • Aku ingin jadi Hakim, biar bisa menghukum para koruptor.
  • Aku ingin jadi Polisi yang jujur dan berbudi.
  • Aku ingin jadi dokter, biar bisa mengobati gratis orang miskin.

Selain itu, sebagian anak-anak yatim yang lain juga membawa berbagai spanduk edukatif seruan menghormati dan menjalankan ibadah puasa. Seperti “Marhabanya Ramadhan”, “Arek Suroboyo oro poso apa kata akhirat?”, “Stop Maksiyat  Ayo Bertobat”, “I love full Ramadhan”, “Kepedulian Kita Bangkitkan Kemandirian Mereka”, “Cinta Yatim Dicinta Nabi”.

Menurut Achmad Syamsudin, selaku Kepala Cabang Yatim Mandiri Surabaya, selain untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan HUT RI, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan. “Dan menanamkan sikap kejujuran sejak usia dini pada anak-anak yatim. Kejujuran harus dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu juga untuk saling mengingatkan masyarakat agar lebih peduli dan berbagi kepada kaum yang miskin,” kata Syamsudin.

Kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan program Ramadhan 1432H yatim mandiri, yang meliputi: Olimpiade Yatim, Sahur on The Road, Buka Puasa Berkah, Yatim With Celebrity, Syiar Al-Quran dan SBY (Shopping Bareng Yatim).

Sekilas Yatim Mandiri, adalah Lembaga Pengelola Zakat Nasional yang concern pada upaya memandirikan anak yatim melalui pengelolaan zakat, infaq, sedekah dan waqaf (ZISWAF). Lembaga ini berpusat di Raya Jambangan Surabaya dan telah memiliki kantor cabang di 21 kota di Indonesia. (ukasyah/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.