Website diserang hacker, daftar kelulusan siswa berubah

7

PALEMBANG (Arrahmah.com) – Data pengumuman kelulusan penerimaan siswa baru tingkat SMP dan SMA di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Selasa (12/7/2011) menjadi sasaran ulah hacker, menanggapi hal tersebut pemerintah kota setempat memastikan bahwa data pihak sekolah yang benar.
Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra, di Palembang, Rabu (13/7) malam, menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelola website Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga setempat berkaitan dengan perbedaan pengumuman kelulusan siswa baru (PSB) dengan data di sekolah.

Setelah ditelusuri ternyata website tersebut diserang hacker, sehingga datanya menjadi berbeda dengan pengumuman di sekolah. Eddy menjelaskan siswa yang dinyatakan lulus di sekolah tetapi tidak diumumkan dalam website, dipastikan benar lulus.

Karena itu, diharapkan orang tua murid segera melihat pengumuman langsung di sekolah dan mengecek kepastian dengan panitia PSB sekolah bersangkutan, ujar dia.

Ia menegaskan bahwa telah meminta pihak ketiga yang mengelola website tersebut untuk memperbaiki gangguan itu.

“Saat ini, sudah diperbaiki, sehingga pengumuman kelulusan sama dengan data pihak sekolah,” kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Palembang, Riza Pahlevi menjelaskan, gangguan teknis yang terjadi pada pengumuman kelulusan siswa baru di internet itu sudah diperbaiki.

“Kami mengimbau orang tua murid segera mengecek ke sekolah,” ujar dia lagi.

Riza menambahkan, pihaknya pun siap mengklarifikasi jika ternyata ada yang tidak lulus dalam pengumuman di website, padahal di sekolah dinyatakan lulus. Selain itu pihak sekolah mempunyai bukti hasil tes yang bisa menjadi panduan kelulusan tersebut. (ans/arrahmah.com)

 

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.