AS berusaha keras lindungi perencana serangan terhadap Syaikh Usamah

12

WASHINGTON (Arrahmah.com) – CIA telah bergerak untuk melindungi seorang analis yang memainkan peran sentral dalam operasi rahasia untuk membunuh pemimpin Al Qaeda, Syaikh Usamah bin Laden, media AS melaporkan pada Rabu (13/7/2011).

Seorang pejabat AS mengatakan kepada wartawan bahwa langkah tersebut mengikuti laporan intelijen bahwa Al Qaeda sedang berusaha untuk mengidentifikasi agen-agen AS yang membantu merencanakan serangan 2 Mei di Abbottabad.

Media AS menggambarkan langkah itu “sangat tidak biasa” bagi CIA, yang menolak berkomentar mengenai identitas agen tersebut dan meminta agar media tidak mencetak namanya.

Sejumlah analis menunjukkan bahwa sang agen ditemukan dalam foto-foto yang ditayangkan di Gedung Putih pasca serangan di Abbottabad. Dia adalah seorang perwira rahasia.

Dan saat ini dia diberikan perlindungan yang dirahasiakan untuk memastikan bahwa ia tidak menjadi sasaran Al Qaeda. Ia diidentifikasi dengan nama tengah “John”.

Ia mengawasi tim yang terlibat di sejumlah tahapan rencana penyerangan Syaikh Usamah.

Selama hampir satu dekade, pekerjaan utama John adalah untuk menemukan Syaikh Usamah Bin Laden.

Dia pun dilaporkan merupakan salah satu orang yang terlibat di belakang penangkapan sejumlah tokoh Al Qaeda yang menonjol, termasuk Abu Zubaydah, Abd al-Nashiri, Khalid Sheikh Mohammed, Ramzi bin Alshib, Hambali dan Faraj al-Libi, dan yang menganjurkan untuk meningkatkan intensitas jumlah serangan pesawat tanpa awak di Pakistan. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.