Berita Dunia Islam Terdepan

Bicarakan ‘keamanan’, Hillary ke Indonesia 21 Juli, Obama bulan November?

6

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Menteri luar negeri AS, Hillary Clinton, kembali bertandang ke Indonesia bulan ini. Namun bukan Jakarta sebagai tujuan seperti kunjungannya 2 tahun lalu, melainkan Bali. Kehadiran Hillary juga dalam rangka mempersiapkan lawatan Presiden Obama pada November nanti.

Istri Bill Clinton itu ke Bali untuk menghadiri sejumlah forum regional kunci dan mengadakan banyak pembicaraan bilateral, termasuk .

Hillary tiba di Bali pada 21 Juli setelah kunjungan dua hari di India. Dia akan mengambil bagian dalam pertemuan ASEAN dan bertemu dengan para menlu peserta Pertemuan Puncak Asia Timur (East Asia Summit/EAS). Demikian pernyataan jubir Kemlu AS Victoria Nuland seperti dilansir AFP, Rabu (13/7/2011).

“Kunjungannya (Hillary) ke Indonesia memperlihatkan komitmen berkelanjutan Amerika Serikat untuk meningkatkan keterlibatan strategis kami di Asia Tenggara dan dengan ASEAN,” kata Nuland dalam sebuah pernyataan.

Pada 22 Juli, Hillary akan ambil bagian dalam konferensi tingkat menteri. Indonesia yang saat ini menjadi pemimpin ASEAN menjadi tuan rumah hajatan ini.

Hillary juga akan bertemu para menlu EAS, untuk mempersiapkan partisipasi Presiden Barack Obama untuk pertama kalinya pada pertemuan puncak 18 negara itu pada November 2011 yang juga digelar di Bali.

Pada 24 November, Hillary akan bertemu dengan Menlu Marty Natalegawa untuk mendiskusikan masalah bilateral, regional dan global.

AS dan Rusia menghadiri pertemuan EAS tahun lalu di Hanoi, Vietnam, namun Obama tidak hadir. Dia mewakilkan pada Hillary. (althaf/dtk/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...