Rakyat Tunisia enggan negaranya berhubungan dengan Israel

7

TUNIS (Arrahmah.com) – Ratusan orang melakukan aksi demonstrasi di ibukota Tunisia menyerukan agar pemerintah mereka tidak melakukan hubungan diplomatis dengan negara Zionis Israel.

“Matilah seluruh rakyat Tunisia jika pemerintah berusaha untuk menormalisasi hubungan dengan Israel,” kata para demonstran.

“Kami akan mengecam mereka dan mempublikasikan nama-nama mereka,” dikutip AFP dari Kahlaoui Ahmed, yang memimpin sebuah komite penentang normalisasi hubungan antara kedua negara.

Awal bulan ini, otoritas yang bertanggung jawab atas reformasi politik menyusul penggulingan Zine El Abidine Ben Ali, mengadopsi “pakta republikan” yang dimaksudkan untuk membentuk dasar dari konstitusi baru Tunisia.

Salah satu butir dalam pakta ini antara lain menormalisasi hubungan dengan Israel.

Para peserta demonstrasi mengatakan mereka tidak bisa lagi mempercayai pemerintah saat ini dan mengancam untuk menggulingkan pemimpin yang mendukung normalisasi hubungan dengan Israel.

“Kita tidak bisa lagi mempercayai anggota institusi ini, termasuk akademisi, yang mendukung normalisasi hubungan dengan Israel,” kata Kahlaoui.

Pemerintah Israel dan Tunisia melakukan perjanjian bilateral pada tahun 1996 tetapi Tunis memutuskan semua hubungan dengan Tel Aviv setelah dimulainya intifada kedua pada tahun 2000. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.