Leiter: Banyak kelompok kecil yang lebih berbahaya dari Al Qaeda

28

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Al Qaeda masih menjadi topik yang membuat kepala kontraterorisme AS tak bisa tidur semalaman, meski ia menyatakan bahwa ada kekhawatiran lain yang lebih besar dan lebih berbahaya daripada Al Qaeda.

Yang membuat saya khawatir adalah kelompok-kelompok yang memfokuskan diri pada perekrutan orang Barat untuk bergabung sebagai penyebab teror dan pada penyerangan skala kecil yang tidak terlalu membutuhkan pelatihan yang berat seperti pada serangan 11 September 2001, kata Leiter.

Leiter, kepala Pusat Kontraterorisme Nasional (NCTC), menyatakan kepada Associated Press dalam wawancara terakhirnya sebelum pensiun, bahwa Al Qaeda sedang melemah berkat pengejaran oleh jaringan intelijen AS, penegakan hukum, dan operasi khusus yang dilakukan selama bertahun-tahun, serta diikuti dengan serangan Navy SEAL di Pakistan pada bulan Mei yang menewaskan pemimpin Al Qaeda, Syaikh Usamah bin Laden.

Jaringan teror atau kelompok-kelompok manapun yang dicurigai terkait dengan teror harus terus-menerus ditekan, katanya.

Leiter kurang dikenal di luar Washington. Pengacara lulusan Harvard ini adalah salah tokoh kunci dalam agenda kontraterorisme AS, yang memiliki tugas ganda selama 4 tahun ini, pertama sebagai wakil dan kemudian sebagai direktur NCTC. Sebelum itu, ia menjabat di pemerintahan selama lebih dari 20 tahun, termasuk sebagai pilot Angkatan Laut untuk pesawat Prowlers EA-6B dalam misi di Irak dan bekas Yugoslavia. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.