TEPI BARAT (Arrahmah.com) – Organisasi hak asasi manusia BT Selem merilis rekaman rencana pemukim Israel dari pemukiman Yitzhar dalam pembakaran kebun-kebun zaitun milik warga Palestina di desa-desa terdekat Burin dan Huwara. Menurtu media, kebakaran menghanguskan puluhan dunam tanah dan 400 pohon zaitun.

BT Selem telah membuat video direkam oleh Mu’az Sufan, seorang warga Palestina dari desa Tepi Barat Burin dan anggota proyek kamera BT Selem, dimana dalam vodeo tersebtu menunjukan pemukim Israel lokal mengatur kebakaran yang menyebabkan kerusakan tanah Palestina dalam skala luas.

Film ini menunjukkan sekelompok pemukim berusaha menghentikan warga Palestina kembali dari demonstrasi dengan membuat kebakaran ladang sebelum melarikan diri ke arah pemukiman Yitzhar lokal dengan mobil.

Warga Palestina mengeluh bahwa pasukan Israel kemudian mencegah petugas pemadam kebakaran Palestina untuk memadamkan api.

BT Selem mengatakan bahwa serangan itu adalah salah satu dari beberapa serangan pembakar terhadap Palestina di sekitar pemukiman Yitzhar dalam beberapa pekan terakhir.

BT Selem menyediakan ratusan kamera untuk penduduk Palestina untuk mendokumentasikan serangan yang dilakukan oleh pemukim dan militer Isarel terhadap warga Palestina dan harta benda mereka.

Video tersebut bisa diakses di http://www.btselem.org/press-release/video-documentatio…burin

Topik: