Otoritas Baku jatuhi hukuman terhadap 17 Mujahid yang diklaim terkait dengan Al Qaeda

5

BAKU (Arrahmah.com) – Otoritas boneka Azerbaijan menghukum 17 Mujahid yang mereka tangkap beberapa tahun lalu dengan hukuman penjara antara lima tahun hingga penjara seumur hidup pada Rabu (6/7/2011), pengadilan mengatakan mereka terkait dengan Al Qaeda.

Tentara keamanan boneka Azeri menangkap sebagian besar dari mereka pada tahun 2007 dalam sebuah operasi di mana mereka mengklaim telah menemukan senjata mesin, pistol, granat tangan dan bahan peledak.

Kelompok ini dituduh memiliki senjata ilegal, menciptakan sebuah kelompok bersenjata, perdagangan senjata dan melintasi perbatasan.

Sebagian besar rakyat Azerbaijan adalah Syiah, namun pemerintah di bawah presiden Ilham Aliyev sangat sekuler, juga merupakan sekutu dari Rusia dan Amerika Serikat.  Mayoritas rakyat Azeri bersikap santai terhadap agama, namun para pejabat mengakui bahwa pengaruh Islam di negara ini tumbuh pesat.

Menurut forum Ansar al-Mujahidin, mereka kemungkinan adalah kelompok Mujahidin yang disebut oleh pemerintah Azeri sebagai “Forest Brothers”.  Ditangkap pada tahun 2007 dan sisanya telah terintregasi ke dalam Imarah Kaukasus ketika Amir Abdul-Majid menjadi komandan Dagestan.  Kelompok ini kini menjadi bagian dari Azeri sektor Dagestan di bawah komandan Abdullah hafidzahullah, wallahu alam.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.