Kandidat presiden Mesir janji hentikan transfer gas ke Israel

12

KAIRO (Arrahmah.com) – Salah seorang kandidat yang cukup potensial untuk menjadi orang nomor satu di Mesir pasca Mubarak berjanji bahwa dirinya akan menghentikan pengiriman gas alam untuk Israel jika terpilih, Al Masry Al Youm melaporkan pada Rabu (6/7/2011).

“Jika rakyat meminta perjanjian damai dengan Israel dihentikan, saya akan melakukannya,” ujar mantan anggota parlemen Mesir, Hamdeen Sabbahi, pada sebuah konferensi yang diselenggarakan di Kantor Gubernur Kafr al-Sheikh.

Selama ini Mesir menyuplain 40 persen kebutuhan gas alam bagi negara Zionis Israel di bawah perjanjian yang ditandatangani pada tahun 2005.

Sabbahi juga menyeru pada peserta konferensi untuk berpartisipasi dalam aksi protes nasional yang akan diselenggarakan di seluruh penjuru Mesir besok (8/7).

Sabbahi pun menjanjikan pemberian kepemilikan petani atas tanah yang mereka garap. Dia mengatakan sudah seharusnya didirikan koperasi baru tempat petani dapat membeli benih dengan harga terendah. Setiap desa harus sindikat independen untuk melindungi hak-hak petani, katanya.

Pemilihan presiden Mesir dijadwalkan berlangsung sebelum akhir tahun ini. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.