CALIFORNIA (Arrahmah.com) – Tak mau tersaingi dengan situs jejaring sosial baru Google+, Facebook mengumumkan secara resmi mereka menggandeng Skype, penyedia layanan video-chat pada Rabu (6/7/2011).
Dengan kerja-sama dua raksasa Internet ini, membuat para pemilik akun Facebook bisa melakukan video-chat.

“Ini sesuatu yang keren. Kami ingin menambah fitur video dengan perusahaan yang memiliki infrastruktur teknologi terbaik,” kata Direktur Utama Facebook, Mark Zuckerberg.

Menurut Zuckerberg, kerja-sama ini akan menguntungkan dua pihak. Namun, dia tak memungkiri, Skype akan kebanjiran pengunjung. Bayangkan saja, saat ini Skype memiliki 145 juta akun pengguna, sedangkan pemilik akun Facebook ada 750 juta.

Zuckerberg menjelaskan tidak ada kesepakatan soal uang di balik kerja-sama Facebook dan Skype ini. Keduanya hanya menambah sofware sederhana di masing-masing situs.

Penjajakan Facebook dan Skype ini sebenarnya sudah terjadi sejak tahun lalu. Kabar yang beredar sebelumnya, dua perusahaan itu berencana menjalin kerja-sama melalui layanan voice chat, integrasi pesan singkat, dan Facebook Connect.

Kini kabar itu terwujud menjadi video chat. Fitur baru di Facebook ini bukan hanya bisa melakukan video chat dengan satu orang, tapi juga bisa mengobrol dengan beberapa orang (group chat).  

Menurut analis dari Gartner, Ray Valdes, fitur video chat di Facebook akan membuat pemilik akun berlama-lama mengunjungi situs jejaring sosial terbesar itu. Hal tersebut merupakan strategi agar pengguna terus datang setiap hari dan mengunjungi akun Facebook mereka.

Semoga kita tidak sampai diperbudak teknologi dan hanya memanfaatkan internet sesuai dengan kepentingan. Karena waktu begitu berharga untuk disia-siakan di depan internet melakukan hal-hal yang tak membawa manfaat apalagi jika sampai menimbulkan dosa. Semoga kita bukan bagian dari orang-orang yang menyia-nyiakan waktu. (TI/arrahmah.com)

Topik: