Tentara Kanada sudah mulai beranjak dari Afghanistan

5

KABUL (Arrahmah.com) – Setelah sembilan tahun berperang, setelah kematian 157 pasukannya, dan lebih dari $ 11 miliar dana yang dihabiskannya, akhirnya pasukan salibis Kanada di Afghanistan berkemas untuk pulang pekan ini, Al Arabiya melaporkan pada Selasa (5/7/2011).

Seiring dengan semakin lemahnya dukungan terhadap perang, hampir 3.000 tentara salibis Kanada, terutama yang selama ini berbasis di Kandahar, sudah mulai kembali dari Afghanistan, dan sisanya akan segera menyusul.

Kanada memulai misinya pada awal tahun 2002, yakni beberapa bulan setelah invasi. Langkah ini diambil oleh Kanada mengikuti langkah serupa yang diambil oleh negara-negara lain yang bergabung dengan AS dalam menginvasi Afghanistan dengan dalih memerangi Taliban dan Al Qaeda, meskipun kenyataannya yang selalu menjadi korban adalah warga sipil.

Bulan lalu Presiden AS Barack Obama mengumumkan bahwa ia akan menarik 33.000 tentara salibis AS dari Afghanistan pada akhir 2012. Sementara Perancis, Belgia, dan Inggris juga mengatakan mereka akan segera merumahkan beberapa pasukan mereka. Meski demikian, AS masih akan menyisakan 100.000 pasukannya di Afghanistan.

Semua pasukan salibis asing rencananya akan menyerahkan kendali keamanan kepada pasukan Afghanistan pada akhir 2014. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.