Jelang Ramadhan, Israel serahkan sejumlah jenazah Palestina

16

YERUSALEM (Arrahmah.com) – Israel menyepakati untuk menyerahkan 84 jenazah orang yang diklaimnya sebagai ‘militan’ kepada Otoritas Palestina, seperti yang diungkapkan dalam sebuah pernyataan dari militer Zionis pada hari Senin (4/7/2011).

Media Israel mengatakan langkah yang mengherankan bagi Presiden Palestina Mahmoud Abbas ini akan dilakukan menjelang liburan Ramadan, Agustus mendatang.

Media Palestina telah menerbitkan daftar warga Tepi Barat dan Gaza yang tewas antara tahun 1974 dan 2006.

Dalam pernyataan itupun diungkapkan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah menyetujui transfer sejumlah jenazah sejak beberapa bulan lalu dan seorang juru bicara militer mengatakan bahwa Israel telah lama berkoordinasi dengan Palestina meskipun belum menetapkan tanggal yang tepat.

Hussein al-Sheikh, kepala otoritas urusan sipil Palestina, mengatakan dia memperkirakan bahwa proses penyerahan jenazah ini akan berlangsung selama beberapa hari.

“Otoritas Palestina akan menerima 84 mayat pada tahap pertama dalam beberapa hari mendatang setelah penyelesaian prosedur medis,” kata Sheikh dalam komentar yang dipublikasikan oleh kantor berita resmi Palestina, WAFA.

Sheikh mengatakan 102 lebih mayat akan diserahkan di kemudian hari.

Proses negosiasi antara Israel dan Palestina sempat tersendat tahun lalu. Sementara itu, AS terus berusaha untuk menghidupkan kembali perundingan yang belum tercapai itu. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.