Cameron umumkan 500 pasukannya akan ditarik dari Afghan 2012

4

LONDON (Arrahmah.com) – Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengumumkan penarikan 500 pasukan salibis Inggris dari Afghanistan pada akhir 2012, mengikuti langkah yang diambil oleh Amerika Serikat, sebuah laporan menyatakan pada Senin (4/7/2011).

Langkah ini tentu saja akan mengurangi 9.000 pasukan salibis Inggris yang saat ini ditugaskan di Afghanistan dan akan menandai sebuah langkah besar Cameron yang ditujukan untuk menarik mundur pasukan tempurnya sebelum 2015.

Cameron akan mengumumkan secara resmi mengenai rencana penarikan ini pada hari Rabu, harian Sunday Times melaporkan.

Sementara itu, departemen pertahanan Inggris mengutarakan isu lain, yakni rencana penarikan sejumlah pasukan yang lebih awal dari 2012, namun tidak memberikan perincian mengenai isu tersebut.

“Kami terus melakukan pengkajian mengenai jumlah pasukan tempur Inggris yang dibutuhkan di Afghanistan,” juru bicara kementerian pertahanan Inggris.

“Perdana Menteri telah menjelaskan bahwa pasukan tempur tidak akan berperan besar setelah tahun 2015 dan benar bahwa kami akan menarik pasukan kami secepatnya,” lanjutnya.

Negara-negara Barat telah menentukan batas waktu hingga akhir 2014 untuk menyerahkan kontrol keamanan kepada pasukan Afghanistan, meskipun Barat tetap khawatir mengenai ketidaksiapan pasukan Afghan dalam ‘melindungi negaranya’ dari Taliban. (althaf/arahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.