Berita Dunia Islam Terdepan

Lelang kamera NASA, astronot digugat

2

WASHINGTON (Arrahmah.com) – NASA menggugat seorang mantan astronot yang menggunakan kamera dalam misi Apollo 14 dan menjual hasil gambar dalam bentuk video tersebut ke pelelangan.

“Edgar Mitchell, yang menggunakan perangkat video untuk merekam permukaan bulan, dituduh secara ilegal memiliki kamera dan mencoba untuk menjualnya untuk keuntungan pribadinya. NASA mengetahui bahwa rumah lelang Bonhams di Inggris berencana untuk menjual kamera yang didalamnya terdapat kumpulan data, mereka telah menjualnya pada bulan Maret lalu,” menurut gugatan NASA, seperti yang dilansir Mail Online, Sabtu (2/7/2011).

Barang tersebut diberi label ‘Kamera Film dari Permukaan Bulan’, yang berasal dari Apolo 14. Deskripsi barang tersebut mengatakan banyak rekaman secara langsung yang berasal dari koleksi pilot Edgar Mitchell yang diprediksi memiliki nilai jual antara USD 60 ribu hingga 80 ribu.

Mitchell ialah seorang pilot modul bulan pada Apollo ke 14 yang diluncurkan dengan misi selama sembilan hari pada tehun 1971 di bawah komando Alan Shepard. Dia merupakan orang ke enam yang berjalan di bulan, sekarang ia telah pensiun dan menjalankan sebuah website yang menjual hasil gambar originalnya yang telah ditandatangani. Dia pun pernah menjadi berita utama di masa lalu karena keyakinannya yang menyatakan adanya eksistensi kehidupan di luar bumi.

“Semua peralatan dan properti yang digunakan selama operasi NASA tetap menjadi milik NASA kecuali secara eksplisit dilepaskan atau dialihkan kepada pihak lain,” ungkap gugatan pemerintah Amerika Serikat (NASA), yang menegaskan bahwa NASA tidak memiliki catatan dengan memberikan kamera kepada Mitchell.

Dalam gugatan itu juga dinyatakan, pemerintah AS telah membuat permintaan berulang kali kepada Mitchell dan pengacaranya untuk mengembalikan kamera, tetapi tidak mendapat tanggapan.

Pengacara Mitchell, Donald Jacobson, mengakui pernyataan manajemen NASA serta menyadari dan menyetujui kepemilikan kamera Mitchell yang telah berusia 40 tahun.

“Rumah lelang saat ini telah menarik kamera tersebut dari penjualan guna menunggu pembahasan lebih lanjut antara NASA dan pengirim,” kata seorang juru bicara rumah lelang Bonhams.

Pemerintah AS juga meminta pengadilan untuk menghentikan Mitchell dalam proses jual beli kamera kepada siapa pun. (okz/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...