Berita Dunia Islam Terdepan

UI beri perlakuan yang sama pada mahasiswa jalur mandiri

44

Support Us

JAKARTA (Arrahmah.com) – Universitas Indonesia (UI) akan memberikan perlakuan yang sama kepada mahasiswa yang lulus UI melalui jalur mandiri, demikian yang diungkapkan Rektor Universitas Indonesia, Gumilar Rusliwa Somantri.

“Mahasiswa yang lulus SIMAK/mandiri ini diperlakukan sama dengan yang lulus lewat SNMPTN,” kata Gumilar, Selasa (7/6/2011).

Perlakuan yang sama akan diberikan baik dalam hal besaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) ataupun kesempatan memperoleh beasiswa. Gumilar juga menjelaskan bahwa mahasiswa dikenai SPP dengan sistem berkeadilan mulai Rp 100 ribu per semester hingga Rp 7,5 juta per semester.

“Tergantung pada kemampuan orang tua,” katanya.

Selain itu UI juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu melalui beasiswa Bidik Misi Diknas untuk 500 mahasiswa. Beasiswa diberikan dari industri sebesar 16 miliar per tahun. UI sendiri memberikan beasiswa sebesar 20 miliar per tahun berupa keringanan SPP dan uang pangkal.

Gumilar memastikan UI siap menggelar penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri melalui SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia). “Ujian Mandiri UI sudah siap 100 persen,” tuturnya. Sebelumnya, Gumilar menjelaskan bahwa UI menyediakan kuota 35-40 persen untuk penerimaan mahasiswa dari jalur ini.

Jalur SIMAK dibuka untuk program S1 reguler, S1 paralel, S1 kelas internasional, dan vokasi (D3). Ujian SIMAK rencananya akan digelar pada 3 Juli 2011, serentak di beberapa kota besar seperti Jakarta, Yogjakarta, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, dan Samarinda.

Sementara itu pendaftaran bisa dilakukan secara online di http://peneriman.ui.ac.id mulai 3 Juni lalu hingga 24 Juni mendatang.  (TI/rasularasy/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah