Turkmenistan membentuk badan antariksa

68

ASHGABAT, TURKMENISTAN (Arrahmah.com) – Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov telah menandatangani keputusan untuk membentuk Badan Antariksa Nasional, demikian bunyi laporan televisi nasional Turkmenistan.

Dokumen yang ditandatangani pada Senin (30/5) menyatakan bahwa tujuan dibangunnya Badan Antariksa Nasional tersebut addalah untuk  “memastikan penerapan dari pencapaian ilmiah dalam ekonomi nasional dan guna mengawasi masa depan dari eksplorasi luar angkasa.”

Berdymukhamedov pernah mengatakan bahwa kepemilikan satelit nasional dapat meningkatkan kemajuan jaringan komunikasi, Internet dan televisi negara, kontribusi terhadap penerapan program ekologi, meningkatkan eksplorasi sumber daya energi, dan juga memastikan keberhasilan penerapan berbagai program negara.

Iklan

Turkmenistan dilaporkan mengadakan pembicaraan dengan mitra potensial guna memperoleh satelit telekomunikasi pertamanya.

Saat ini, satelit jenis Yamal buatan Rusia yang dimiliki oleh Gazprom Space System menyediakan telekomunikasi untuk negara-negara bekas Uni Soviet di Asia Tengah. {ans/rasularasy/arrahmah.com)

Iklan

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah