Berita Dunia Islam Terdepan

Everloop, situs jejaring sosial untuk anak-anak

3

CALIFORNIA (Arrahmah.com) – Sebuah situs jejaring sosial yang ditujukan untuk anak-anak berumur 8 sampai 13 tahun telah diluncurkan.  Situs yang bernama Everloop tersebut, beroperasi seperti Facebook, tapi memerlukan ijin orang tua untuk mendaftarnya.

Orang tua juga dapat memilih kegiatan seperti apa yang anaknya bisa lakukan di situs tersebut, termasuk untuk memilih fitur. Semua aktivitas di situs tersebut akan dimonitor oleh Everloop. Demikian seperti yang diberitakan Mashable, Minggu (29/5/2011).

Sekolah, produsen dan investor sudah siap untuk bekerjasama.  Fitur-fitur yang aman untuk anak-anak pada Everloop cocok dengan ketentuan dari The Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA), yang mencegah situs mengumpulkan informasi dari anak di bawah usia 13 tahun tanpa ijin orang tua.

Kebanyakan anak-anak melewati ketentuan ini dengan berbohong mengenai tanggal lahir mereka. Di sisi lain, sekolah, umumnya memblokir situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dengan alasan bahwa platform umum tanpa pengawasan membuat orang tua cemas. Namun dengan mengikuti ketentuan dari COPPA, Everloop dapat digunakan di sekolah.

Pada bulan April 2012, sebuah kerjasama dengan i-Safe, program pendidikan keamanan internet, akan menghadirkan platform tersebut ke 56 ribu sekolah. i-Safe akan memasukkan versi label putih dari jaringan Everloop ke dalam kurikulum mereka untuk mendemonstrasikan kemampuan media sosial tersebut. 

Everloop memblokir layanan mereka ke sekolah seperti situs jejaring sosial untuk naka lainnya seperti Edmodo. Everloop telah bekerjasama dengan produk anak lainnya yang ingin berbagi konten mereka untuk platform tersebut.

Bisnis tersebut membuat vFormation dan perusahan lainnya berinvestasi sebesar USD2,5 juta ke perusahaan tersebut. Tetapi akankah program Everloop berhasi memikat hati anak-anak dan mengalihkan mereka dari Facebook atau Twitter?  (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...