Berita Dunia Islam Terdepan

Presiden Israel lakukan negosiasi rahasia dengan Mahmoud Abbas

3

LONDON (Arrahmah.com) – Shimon Peres, presiden negara Zionis Israel, mengadakan negosiasi rahasi bersama Mahmoud Abbas, pemimpin Palestina, dalam rangka menopang pembicaraan damai yang tengah digagas oleh AS, Telegraph melansir, Sabtu (28/5/2011).

Peres dan Abbas bertemu di London awal April, kutip harian Israel, Maariv. Kedua orang ini juga sering melakukan pembicaraan pribadi via telepon.

Memang belum jelas apa yang dihasilkan dari negosiasi tersebut. Namun tak lama setelah negosiasi, Peres mengadakan pembicaraan dengan presiden AS, Barack Obama di Gedung Putih. Dalam pertemuan yang berlangsung di awal April, bahkan ajudan kedua presiden itu pun dilarang masuk.

Namun Maariv selanjutnya mengutip salah satu sumber yang dekat dengan Peres yang mengatakan bahwa Peres terkejut dengan pemaparan dari pembicaraan itu.

“Presiden Peres merupakan pejabat terakhir selalu menikmati dialog langsung dengan Palestina,” kata sumber itu.

Pertemuan rahasia antara Palestina dan Israel ini telah menjadi rahasia umum yang dilakukan sebagai upaya untuk mencapai ‘kesepakatan damai’ selama lebih dari 20 tahun.

Salah satu yang hasil pembicaraan rahasia itu adalah kesepakatan Oslo, yang ditandatangani pada tahun 1993 setelah pembicaraan rahasia di Norwegia. Peres sangat terlibat dalam negosiasi. Dari negosiasi itu, ia dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun berikutnya. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...