Berita Dunia Islam Terdepan

Toyota kembangkan sistem jejaring sosial “Toyota Friend”

0

TOKYO (Arrahmah.com) – Toyota Motor Corp mengembangkan sistem jejaring sosial “Toyota Fiend”.  Tujuan sistem tersebut adalah mengubah kendaraan menjadi pusat interaksi jejaring sosial, seperti layaknya Facebook dan Twitter.


Teknologi baru tersebut diungkapkan pada awal pekan ini. Toyota menggandeng  Salesforce.com untuk mengembangkan Toyota Friend. Salesforce.com sendiri merupakan provider perangkat lunak cloud computing asal San Francisco.

Toyota Friend menciptakan sistem komunikasi mirip instant-message antara pengemudi, kendaraannya, dealer dan pabrik. Komunikasi “real time” tersebut membuat pengemudi selalu tahu jadwal perawatan maupun kapan untuk mengisi baterai.

Toyota Friend bisa mengatur kapan “cas” baterai dan waktu yang optimal untuk pengisian. Pengguna dapat mengaktifkan “carjer” dari jarak jauh melalui HP ataupun komputer.

Update otomatis juga dapat dikirim oleh kendaraan ke pengemudi untuk memberitahu masalah-masalah perawatan. Sehingga, pengemudi dapat mengatur jadwal perawatan dari jarak jauh ke staf bagian servis.

Tidak hanya itu  pengemudi juga bisa berkomunikasi dengan pengemudi lainnya. Log in Toyota Friend bisa dilakukan dari HP, tablet, dan desktop PC.

“Bidang otomotif harus terlibat dalam tahapan  transformasi interaksi dan cara-cara berkomunikasi masyarakat.  Layanan jejaring sosial mengubah interaksi dan cara berkomunikasi manusia,” kata President Toyota Motor Corp. Akio Toyoda, seperti yang dikutip AutoNews.

Toyota,  Salesforce.com dan Microsoft akan menanam modal 12,2 juta dolar padaToyota Media Service Co.  Sistem tersebut akan diperkenalkan tahun depan di Jepang pada kendaraan elektrik dan plug-in hybrid buatan Toyota.  (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...