Berita Dunia Islam Terdepan

Medvedev-Obama bertemu untuk membicarakan kerjasama kedua negara

1

MOSKOW (Arrahmah.com) – Medvedev meminta kepada Obama untuk mendeklarasikan hadiah untuk informasi mengenai keberadaan Amir Dokka Abu Usman.  Sebelumnya, Obama menolak membayar untuk bin Ladin.

AS tertarik dalam koordinasi dengan Rusia seperti konfigurasi euroMDS yang akan memenuhi kepentingan keamanan dari kedua negara, Obama mengatakan setelah bertemu dengan Medvedev yang berlangsung di puncak “G8” di Perancis Deauville.

Obama mengatakan bahwa Moskow dan Washington akan bertindak “untuk menjaga keseimbangan strategis antara negara dan membantu mereka mengatasi ancaman potensial rudal”.

Sementara itu, Medvedev mengatakan ia membahas dengan rekan Amerikanya “”cara memajukan proses positif dan bagaimana membangun kerjasama pada kebanyakan hal-hal sensitif, termasuk pertahanan anti-rudal”, menurut Interfax.

“Kami akan mengejar trek ini, namun dorongan politik diperlukan,” ujar Kremlin.  Namun, dia tidak mengesampingkan bahwa masalah sistem pertahanan rudal antara Rusia dan Amerika Serikat tidak dapat diselesaikan dalam waktu dekat, namun pada tahun 2020.

Selain itu, pertemuan bilateral ini difokuskan pada isu pentang lainnya bagi Rusia, yaitu akses ke Organisasi Perdagangan Dunia.  Presiden AS berharap bahwa masalah ini akan diselesaikan segera.  “Kami berpikir bahwa aksesi Rusia ke WTO akan baik bagi ekonomi Rusia, akan baik bagi ekonomi AS dan akan baik bagi ekonomi dunia, dan kami yakin bahwa kami dapat menyelesaikannya,” ujar Obama. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...