Berita Dunia Islam Terdepan

Senat AS sarankan Obama curi aset Libya untuk biayai misi militernya

3

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Amerika Serikat berencana menggunakan aset pemerintah Libya yang telah dibekukan untuk membiayai perang Libya yang akan mereka lakukan untuk merongrong pemerintahan Gaddafi.

Rencana penggunaan aset Libya untuk membiayai intervensi militer Amerika di negara yang di pimpin oleh Muammar Kadhafi itu terungkap dalam rancangan resolusi yang dibuat oleh sejumlah Senator dari partai Demokrat dan Republik di kongres AS pada Senin (23/05/2011), seperti yang dikutip Reuters.

Dalam draft resolusi tersebut juga diungkapkan bahwa Kongres AS menyatakan dukungannya untuk setiap operasi militer Amerika terhadap Libya.

Draft resolusi itu juga mendesak Obama agar menggunakan segala cara untuk “mencuri” aset pemerintah Libya yang telah dibekukan untuk menutupi biaya intervensi militer Amerika di negara Afrika Utara tersebut.

Resolusi tersebut dibuat oleh senator veteran John McCain, Partai Republik, dan Senator Demokrat John Kerry. Dalam resolusi itu tertulis “mendukung penggunaan kekuatan militer terbatas oleh Amerika Serikat di Libya sebagai bagian dari misi NATO untuk menegakkan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1973.”

“Saya mendukung keputusan Presiden Obama mengirim pasukan AS untuk misi di Libya, dan saya berharap resolusi ini akan menimbulkan pernyataan luas dari pendukung bipartisan di antara rekan-rekan senat saya untuk penggunaan kekuatan kita di Libya,” kata McCain.

Sebelumnya pada bulan Maret, NATO memulai sebuah kampanye militer udara di Libya untuk melaksanakan Resolusi 1973, yang secara resmi mereka maksudkan untuk melindungi kehidupan sipil Libya, namun kenyataan di lapangan justru berkata yang sebaliknya. Banyak warga sipil yang menjadi korban dalam kampanye militer tersebut. (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...