Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan kembalikan puing helikopter milik AS

0

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Seorang pejabat Pentagon mengatakan bahwa Pakistan telah mengembalikan puing helikopter AS yang hancur dalam operasi militer yang menyerang kediaman Syaikh Usamah Bin Ladin di Abbotabad.

Pengiriman puing tersebut atas permintaan AS kepada Pakistan segera setelah operasi tersebut dilancarkan. “Puing itu telah dikembalikan akhir pekan lalu dan sekarang telah berada di AS,” kagta juru bicara Pentagon Kolonel Dave Lapan kepada Reuters.

Pakistan menganggap serangan yang menewaskan Syaikh Usamah sebagai pelanggaran terhadap kedaulatannya karena Islamabad tidak diberitahu mengenai operasi AS di  kota Abbottabad tersebut.

Puing itu adalah milik salah satu helikopter yang dibawa pasukan khusus AS Navy SEAL ke kompleks rumah Syaikh Usamah. Pesawat itu kehilangan daya angkat karena tembok kompleks rumah Syaikh Usamah yang tinggi, sehingga rusak dalam pendaratan keras.

AS mengklaim alasan Navy SEAL meledakkan helikopter tersebut adalah untuk mencegah teknologi sensitif jatuh ke tangan musuh, tapi bagian ekor dan puing lainnya tertinggal.

Senator John Kerry, dalam kunjungannya ke Islamabad pada 16 Mei, mengungkapkan janji Pakistan untuk memulangkan puing helikopter itu sebagai langkah yang dibutuhkan untuk membangun kembali kepercayaan antara kedua negara.

Temuan tentang keberadaan Syaikh Usamah di kota garnisun Abbottabad telah menimbulkan pertanyaan mengenai apakah para pejabat Pakistan mengetahui kehadiran pemimpin Alqaeda tersebut. (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...