Berita Dunia Islam Terdepan

AS akan mengulangi ‘serangan serupa’ yang dilakukan pada Syaikh Usamah bin Laden’

1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Presiden AS Barack Obama mengatakan dia akan memerintahkan operasi serupa dengan serangan yang diklaim menewaskan Syaikh Usamah bin Laden jika pemimpin ‘militan’ lain ditemukan di Pakistan, BBC melaporkan pada Minggu (22/5/2011).

Obama mengklaim Amerika menyadari betul kedaulatan Pakistan tapi AS tidak bisa membiarkan sejumlah kelompok melakukan perencanaan untuk menyerang tanpa melakukan tindakan apapun.

Kabar tewasnya Syaikh Usamah oleh pasukan AS di sebuah kota di Pakistan pada tanggal 2 Mei telah menegangkan hubungan antara kedua sekutu.

Presiden Obama berbicara mengenai hal ini kepada BBC menjelang kunjungannya Eropa.

Ketika ditanya apa yang akan dilakukan jika salah satu pemimpin tertinggi al-Qaeda, atau pemimpin Taliban Mullah Omar, terlacak oleh sejumlah peralatan intelijen di sebuah lokasi di Pakistan, ia mengatakan AS akan mengambil tindakan sepihak jika diperlukan.

“Tugas kami adalah untuk mengamankan Amerika Serikat,” katanya kepada BBC.

“Kami sangat menghormati kedaulatan Pakistan Tapi kamipun bisa membiarkan seseorang yang berencana untuk membunuh rakyat atau sekutu-sekutu kami,” tambahnya.

“Kami tidak bisa membiarkan orang-orang ini tanpa kita mengambil tindakan apapun.”

Presiden Obama berangkat ke Eropa pada Minggu (22/5). Dia akan mengunjungi Republik Irlandia, kemudian ke Inggris, Perancis, dan Polandia.

Dia diperkirakan akan membahas berbagai isu, termasuk gejolak di Timur Tengah dan Afrika Utara, perang di Afghanistan, serta krisis yang telah memaksa pemerintah Eropa untuk mengadopsi langkah-langkah penghematan. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...